Bisnis online mulai ada sejak internet digunakan untuk melakukan pertukaran data pada tahun 1980-an. Seiring perkembangan zaman, kegiatan ini mulai lazim dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak muda hingga yang tua sekalipun.
Bukan tanpa alasan, bisnis online jadi primadona bagi para pebisnis karena telah memudahkan mereka dalam bertransaksi hingga bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Bahkan usaha kecil pun bisa berkembang hingga 25% setelah beralih ke bisnis online.
Nah, bagi Anda yang baru ingin berkecimpung dalam bisnis online, ada baiknya untuk membaca artikel ini sampai habis karena kami akan menjelaskan apa itu bisnis online secara lengkap. Diharapkan, pengertian, tujuan, dan manfaat dari bisnis online yang kami sampaikan bisa membantu Anda mendapatkan pandangan baru seputar dunia bisnis.
Yuk, mari kita mulai!
Pengertian Bisnis Online
Dari namanya kita sudah bisa tahu bahwa bisnis online merupakan kegiatan usaha yang dilakukan secara online atau daring. Segala aktivitas jual beli, promosi, dan pelayanan kepada konsumen pun dijalankan melalui bantuan internet.
Mengelola bisnis online sangat lah cocok bagi Anda yang ingin mengelola bisnis dari rumah dengan modal terbatas. Karena dengan bisnis online, Anda tetap bisa menjual berbagai barang, jasa, sampai produk digital dengan mudah meski tidak memiliki toko fisik.
Menariknya, dengan menjalankan bisnis online, pembeli Anda tidak hanya terbatas dari lingkungan sekitar. Melalui pemanfaatan media sosial, website, toko online, atau e-commerce Anda bisa kedatangan banyak pembeli dari luar kota atau bahkan luar negeri sekalipun.
Hmm… jadi Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi kenapa saat ini banyak orang mulai beralih ke bisnis online. Karena dengan modal terbatas pun, aktivitas bisnis tetap bisa berjalan bahkan bisa mendatangkan keuntungan.
Tujuan Bisnis Online
Bisnis online telah mengubah cara berdagang orang menjadi lebih modern. Hanya melalui smartphone, Anda bisa membeli banyak barang di tempat berbeda dalam satu waktu. Sedangkan bagi Anda yang berprofesi sebagai pedagang, bisnis online jelas menggaet lebih banyak calon pembeli.
Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa tujuan dari bisnis online yang bisa Anda ketahui.
1. Mendapatkan informasi konsumen
Rasanya sulit untuk mengumpulkan informasi demografi pelanggan yang keluar masuk di toko offline. Padahal data semacam ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan Anda.
Nah, cara untuk mendapatkan informasi demografi ini adalah dengan menghubungkan situs web Anda ke platform analitik online yang nantinya akan memberitahu Anda tentang usia, jenis kelamin, dan lokasi pelanggan. Keberadaan informasi demografi tersebut bisa dimanfaatkan untuk merancang kampanye promosi yang menargetkan calon pembeli potensial.
2. Melebarkan jangkauan pelanggan
Mendapat pelanggan sebanyak-banyaknya adalah impian dari semua pebisnis. Tapi jika berjualan di daerah kecil, apa iya bisa bisnis tersebut bisa mendapatkan pelanggan potensial yang sangat banyak?
Mindset seperti ini bisa berubah setelah Anda mengetahui tujuan dari bisnis online.
Kenapa? Karena mengingat saat ini semua orang mengakses segala informasi melalui internet, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengenalkan sekaligus menjual produk bisnis secara online.
Pada akhirnya, orang di luar kota, pulau, bahkan luar negara sekalipun bisa mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan setelah melihat konten-konten promosi yang Anda unggah di media sosial atau website bisnis. Inilah yang disebut dengan melebarkan jangkauan pelanggan melalui bisnis online.
3. Mendatangkan pelanggan baru

Di setiap fase penjualan, Anda pasti pernah merasakan di mana produk atau jasa yang Anda tawarkan sepi pelanggan. Agar bisa ramai, maka Anda perlu menarik perhatian pelanggan baru.
Tapi kami mengetahui bahwa mendatangkan pelanggan baru memang jadi tantangan tersendiri bagi setiap pebisnis.
Bagi yang belum memiliki bisnis online, strategi yang bisa dilakukan biasanya adalah menyebar flyer, brosur, atau membuat spanduk. Strategi seperti ini jelas bisa menguras budget cukup besar dan belum tentu tepat sasaran.
Padahal dengan menerapkan strategi online seperti promo di hari belanja online nasional, mengunggah konten-konten viral, menyediakan layanan pengiriman cepat, dan menampilkan testimoni pelanggan bisa menarik pelanggan baru untuk membeli produk tanpa perlu mengeluarkan anggaran besar.
Baca juga: 10+ Peluang Bisnis Online yang Janjikan Keuntungan bagi Anda
4. Meningkatkan kepuasan dan pembelian ulang
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mendatangkan pelanggan baru adalah sebuah tantangan dan pasti butuh effort.
Hal ini diperkuat dengan data statistik Wpforms yang menyatakan bahwa biaya mendatangkan pelanggan baru 5-6 kali lipat lebih besar dibandingkan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Sehingga akan lebih baik jika Anda melakukan upaya-upaya khusus untuk meningkatkan kepuasan pembeli lama.
Oleh karena itu, tujuan dari bisnis online ini adalah memudahkan Anda untuk meningkatkan kepuasan pembeli lama dengan memberikan fasilitas loyalty member, harga khusus, dan masih banyak lagi.
Manfaat Bisnis Online
Cara kerja bisnis online yang cukup mudah, hemat biaya, dan profesional menjadikannya juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat bisnis online.
1. Fleksibel
Keberadaan internet memainkan peranan penting dalam bisnis online. Keberadaannya membuat proses menjalankan bisnis menjadi lebih fleksibel. Fleksibel di sini maksudnya transaksi tidak terbatas pada ruang dan waktu.
Tidak seperti bisnis konvensional biasa yang mengharuskan pembeli untuk datang selama jam toko buka. Bisnis online memungkinkan Anda untuk bisa menjalankan bisnis dari mana saja dan dapat dilakukan selama 24 jam.
2. Proses transaksi jadi lebih mudah

Adanya layanan pembayaran online tentu bisa mempercepat waktu transaksi Anda. Karena penggunaan internet banking atau virtual account bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan ada gadget serta sambungan internet. Uang yang ditransfer pun bisa langsung masuk ke rekening pribadi Anda dalam hitungan detik.
Dengan membayar secara online, Anda tidak perlu mencari uang kembalian karena pelanggan akan membayar sesuai dengan jumlah yang tertera. Terlebih pembayaran online bisa mengakomodir transaksi pembelian yang jumlahnya sangat besar.
Bagi Anda yang memiliki pangender luar negeri, di mana mata uang yang mereka gunakan berbeda dengan kita. Gunakan saja transaksi online dengan memanfaatkan PayPal. Sangat praktis, bukan?
3. Biaya operasional rendah
Mengelola bisnis secara online adalah pilihan yang hemat biaya. Cukup dengan berlangganan internet, maka Anda bisa memasarkan produk di banyak platform seperti sosial media ataupun website.
Tidak hanya dalam hal pemasaran saja, dengan mengelola bisnis secara online, Anda juga bisa menghemat biaya operasional. Biasanya, biaya operasional yang bisa disingkirkan setelah Anda beralih menggunakan bisnis online adalah biaya sewa toko, biaya perawatan toko, sampai uang transportasi untuk menuju ke toko.
4. Strategi pemasaran lebih efektif
Seperti yang Anda ketahui, hampir setiap orang memiliki media sosial. Tidak tanggung-tanggung, mereka rela berjam-jam untuk scrolling media sosial demi mendapatkan hiburan atau informasi.
Sebagai pengusaha, media sosial ini bisa digunakan sebagai media marketing yang sangat ampuh untuk mengiklankan produk. Produk yang Anda miliki bisa diiklankan secara masif di Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan media sosial yang sedang hype lainnya.
5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan akan bisnis Anda
Dahulu, mencari informasi terasa sulit dicari karena harus bolak balik halaman buku atau media cetak lainnya. Tetapi semenjak ada internet, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dalam sekejap mata.
Informasi yang bisa dicari pun beragam, ada yang mencari informasi kesehatan, gosip, sampai jual beli. Mengingat semua informasi dicari secara online, maka bisnis Anda pun harus masuk di dalamnya.
Sehingga ketika seseorang membutuhkan Anda, mereka bisa menguliknya terlebih dahulu di internet. Entah itu dari website bisnis dan media sosial. Semakin lengkap informasi yang Anda tayangkan, semakin percaya pula mereka akan bisnis yang Anda pegang.
6. Memudahkan pencarian produk
Jangan salah, produk yang Anda jual tidak hanya bisa terpajang di etalase toko offline saja, tetapi bisa di website, media sosial, website, atau e-commerce juga. Kehadiran produk di platform digital ini akan memudahkan calon pembeli untuk menemukan toko Anda.
Pastikan untuk menuliskan keyword produk dengan tepat dan gunakan foto terbaik dari produk Anda. Dua komponen inilah yang akan menarik perhatian calon pembeli untuk pertama kali.
7. Terbukanya peluang usaha baru
Dengan berbisnis online, Anda bisa masuk ke forum-forum yang sesuai dengan bisnis Anda. Disana, Anda akan terhubung dengan sesama penjual, pembeli atau distributor.
Tidak menutup kemungkinan bahwa hubungan yang terjalin ini bisa membuka peluang-peluang baru untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda. Misalnya peluang usaha affiliate, reseller, dan lain-lain.
Baca juga: 5 Manfaat Bisnis Online dan Kekurangannya
Mulai Bisnis Online Anda Sekarang, Yuk!
Banyak juga ya yang Anda pelajari dari artikel ini! Mulai dari pengertian hingga manfaat dari bisnis online.
Anda bisa menjalankan bisnis rumahan, bisnis kreatif, dan bisnis jasa dengan memanfaatkan website, media sosial, marketplace, atau ketiganya sekaligus. Yang terpenting nantinya adalah Anda bisa menggunakan strategi-strategi di tiap platformnya.
Penasaran dengan strategi-strategi dalam mengelola bisnis online? Gabung dan belajar bareng Gerakan 1000 Landing Page dulu yuk, untuk dapat informasi-informasi seputar dunia bisnis dan digital marketing!