Home

Post

6 Prinsip Membuat Desain Kemasan Produk Beserta Contohnya, Menarik dan Unik!

desain kemasan

Sebagai alat komunikasi pemasaran masa kini, kemasan dinilai mampu menyampaikan pesan dari sebuah brand kepada calon pelanggan. Untuk memancing rasa penasaran konsumen, kemasan tersebut haruslah dibuat dengan menarik.

Menurut penelitian di Journal of Administrative Science & Organization, faktor terbesar dari kemasan yang mampu mempengaruhi niat beli konsumen adalah faktor desain grafis. Bahkan desain kemasan mampu memengaruhi sekitar 38 persen pembelian.

Supaya kemasan memiliki visual yang menarik, Anda harus mengetahui prinsip membuat desain agar perpaduan font tulisan, warna, gambar, dan layout di kemasan tidak terkesan asal-asalan.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas prinsip membuat desain kemasan beserta contohnya. Sehingga bacaan kali ini cocok bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain kemasan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk baca sampai habis!

Prinsip membuat desain kemasan

Terdapat prinsip-prinsip yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat desain kemasan. Terapkan  enam prinsip berikut ini agar produk Anda bisa bersaing dengan kompetitor dan dilirik oleh konsumen.

1.    Sederhana

Anda tidak perlu menggunakan warna-warna nyentrik dan banyak ilustrasi untuk membuat desain kemasan yang menarik. Sebab, semakin sederhana desain maka justru terlihat semakin meyakinkan.

Anda hanya memiliki waktu empat hingga lima detik untuk menarik perhatian pelanggan. Sehingga cukup gunakan sedikit gambar yang mewakili produk Anda. Sesuaikan bentuk dan ukuran huruf dengan warna kemasan. Hal ini berguna agar nama produk bisa terlihat jelas oleh pelanggan.

Baca juga: 7 Fungsi Kemasan Produk, Gunakan untuk Menambah Nilai Jual

2.    Jujur

Sebagai media komunikasi, penting untuk memperhatikan aspek kejujuran dalam menyampaikan informasi di kemasan produk. Nilai kejujuran itu bisa diwujudkan dengan menggunakan gambar yang memang sesuai dengan isi produk.

Kami paham bahwa editing diperlukan supaya visual produk tampak lebih menawan. Tapi jangan berlebihan, karena gambar yang berbeda jauh dengan realita hanya akan membuat konsumen kecewa.

Selain itu, sertakan informasi yang sebenar-benarnya pada kemasan. Tuliskan komposisi bahan atau spesifikasi yang memang digunakan untuk menyusun produk. Melakukan ketidakjujuran dalam menulis informasi bisa membuat kepercayaan konsumen hilang.

3.    Orisinil

Persaingan dalam dunia bisnis memang sangat ketat. Bahkan untuk menarik minat konsumen, tiap produsen berbondong-bondong untuk membuat membuat desain kemasan seunik mungkin.

Dalam bisnis teh murah misalnya. Muncul produsen baru bernama Fill Me yang membuat terobosan baru dalam menciptakan kemasan teh murah dengan bentuk yang belum digunakan kompetitor lainnya.

Bentuk kemasan yang digunakan Fill Me sebenarnya mirip sajian teh di warung yang menggunakan kantong plastik biasa. Namun Fill Me m menggunakan plastik transparan yang diberikan tali pada sisi kanan dan kirinya hingga berbentuk bak tas selempang.

Untuk menciptakan desain kemasan yang orisinil seperti Fill Me, Anda bisa melakukan metode amati, tiru, dan modifikasi atau biasa disingkat ATM. Berikan pembeda dan keunikan pada desain kemasan Anda, bukan menjiplak kemasan dari produk lain.

4.    Unik

Keunikan desain kemasan bisa Anda buat dengan menciptakan ciri khas tersendiri. Misalnya dengan membuat ilustrasi yang nantinya menjadi ikon produk Anda, tagline yang mudah diingat, dan warna yang memikat konsumen.

Setelah itu, lakukan tes dengan menjajarkan kemasan Anda dengan kompetitor lain. Tanyakan pada orang-orang, apakah produk Anda menarik untuk diambil dan dibeli. Usahakan untuk menarik perhatian konsumen sejak pertama kali melihatnya dan buat mereka segera membelinya tanpa pikir panjang.

5.    Jelas

Kejelasan informasi dalam desain kemasan sangat dibutuhkan karena menjadi salah satu faktor yang menentukan dibeli tidaknya suatu produk.

Bisa saja Anda sudah membuat produk makanan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, namun jika hal tersebut tidak dijelaskan, maka konsumen pun tidak mengetahuinya. Mereka akan mengira bahwa produk Anda sama dengan produk kompetitor lainnya. Jelas ini membawa kerugian bagi bisnis Anda, bukan?

Jangan lupakan tuliskan nama produk dan siapa perusahaan pembuatannya. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui dengan jelas identitas produk serta brand Anda.

6.    Aman

Jauh sebelum mendesain kemasan, Anda perlu mengetahui bahwa fungsi utama dari kemasan adalah sebagai wadah. Kemasan yang baik harus jadi wadah yang aman supaya produk di dalamnya tidak mengalami kerusakan.

Pikirkan dengan matang, bahan kemasan apa yang akan digunakan untuk menjamin keamanan produk. Jika Anda produsen makanan, maka gunakan kemasan kategori food grade. Kalau Anda produsen barang elektronik, pilih kemasan yang tebal guna menghindarkan barang dari benturan.

Pemilihan jenis kemasan akan berpengaruh terhadap desain kemasan itu sendiri. Sebab untuk menghasilkan desain yang tercetak dengan baik diperlukan penyesuaian dengan jenis kemasan yang digunakan.

Contoh desain kemasan produk

Setelah mengetahui prinsip membuat desain kemasan produk, Anda bisa melihat beberapa contoh desain kemasan yang unik dan menarik berikut ini. Jadikan sebagai inspirasi untuk menunjang kebutuhan kemasan produk Anda.

1.    Satu kemasan, dua fungsi

desain kemasan

Desain kemasan yang pertama ini bisa membantu Anda yang tidak ingin repot. Ya, kepraktisan jadi kunci untuk mempermudah pelanggan mencapai tujuannya.

Sebagai contoh, kemasan mentega ini memiliki penutup berbentuk pisau yang ternyata bisa digunakan. Jadi Anda tidak perlu mencari pisau dapur untuk mengoleskan mentega, sebab pisau tersebut sudah tergabung menjadi satu bersama kotak kemasan.

2.    Kemasan dengan ilustrasi abstrak

desain kemasan

Ilustrasi abstrak tidak sepenuhnya membingungkan orang-orang yang melihatnya. Bahkan ilustrasi abstrak yang dulu hanya digunakan untuk motif pakaian, kini bisa jadi desain untuk bungkus kemasan makanan.

Desain abstrak yang colorful ini sangat cocok digunakan dalam rangka menyambut musim semi, ulang tahun perusahaan, atau perayaan-perayaan lainnya. Namun memang butuh trik tersendiri agar warna dan ilustrasi abstrak yang digunakan tidak terkesan norak.

Baca juga: 7 Contoh Produk Digital dan Cara Memasarkannya Agar Laku Keras

3.    Wadah makanan sekaligus ucapan selamat

desain kemasan

Untuk menyambut ulang tahun, kado yang biasa diberikan adalah kue ulang tahun. Tapi rasanya sudah biasa jika memberikan kue dengan box karton dengan kartu ucapan yang terpisah.

Sehingga menggabungkan kotak kue yang mungil dan kartu ucapan menjadi satu bisa menjadi inovasi desain produk yang tak kalah kreatif. Apalagi jika dihias dengan ornamen-ornamen mungil nan lucu. Dijamin bisa jadi hadiah ulang tahun yang tak terlupakan!

4.    Kemasan simple yang bisa digunakan berulang kali

desain kemasan

Apakah Anda suka resah dengan kemasan produk yang harus dibuang karena tidak bisa dipakai lagi? Selain memenuhi tempat sampah di rumah, kemasan sekali pakai juga tidak ramah lingkungan.

Untuk menjawab keresahan tersebut, banyak produsen yang mulai membuat kemasan yang bisa digunakan berulang kali. Selain itu, desain kemasan yang simpel juga membuat tampilannya jadi lebih estetik sehingga sayang untuk dibuang.

Seperti desain kemasan baju ini misalnya. Dengan model ziplock dan warna yang transparan, kemasan ini bisa dialih fungsikan sebagai wadah produk lain dalam jangka waktu lama.

5.    Kemasan ramah lingkungan

desain kemasan

Masih berbicara soal kemasan ramah lingkungan, Anda yang masih concern dengan masalah lingkungan bisa menyontek desain kemasan botol minuman berikut ini.

Kardus berbahan dasar kertas daur ulang ini didesain seperti tas jinjing. Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan plastik kresek sebagai tempat untuk membawanya.

Desain kemasan ini juga menyertakan instruksi-instruksi khusus, sebab kemasan masih bisa didaur ulang lagi. Menarik sekali, kan?

Ciptakan desain kemasan dan promosikan produk Anda!

Enam prinsip dalam membuat desain kemasan tadi perlu diterapkan supaya kemasan Anda bisa menyampaikan isi produk dengan baik ke pelanggan. Oh iya, contoh-contoh desain kemasan tadi bisa langsung Anda coba buat di platform-platform pembuatan desain online seperti Canva, lho.

Setelah kemasan jadi, manfaatkan promosi secara online supaya produk Anda lebih terkenal. Sebab kombinasi produk berkualitas, kemasan yang menarik, serta promosi yang tepat bisa jadi cara untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Untuk strategi digital marketing yang tepat, pelajari secara gratis dengan bergabung bersama Gerakan 1000 Landing Page. Dalam Gerakan 1000 Landing Page, Anda bisa menemukan cara mengiklankan produk, menerapkan strategi SEO, dan masih banyak lagi. Yuk, gabung sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *