Dilansir Katadata, dari 65,46 juta unit UMKM yang ada di Indonesia, 20,76 juta unit di antaranya sudah go digital. Go digital artinya pelaku UMKM sudah melakukan penjualan dan pemasaran secara online atau menggunakan internet.
Jumlah ini diprediksi akan semakin meningkat mengingat cara mengelola UMKM yang minim modal dan minim risiko akan menarik minat masyarakat untuk mendirikan usaha sendiri. Apalagi pemerintah juga sedang gencar mendukung kemajuan UMKM dengan memberikan sejumlah program dan bantuan.
Bagi Anda yang tertarik untuk mendirikan UMKM tapi nyali sudah terlanjur ciut melihat jumlah kompetitor yang begitu banyak, coba lah untuk meriset jenis-jenis bisnis online yang masih memiliki peluang besar untuk memperoleh keuntungan. Tidak perlu bingung dalam meriset karena di artikel ini akan kami paparkan beberapa bisnis online menjanjikan yang layak untuk Anda coba.
Ide bisnis online menjanjikan bagi UMKM
Hampir semua ide bisnis online UMKM bisa direalisasikan oleh siapa saja yang memang memiliki niat dalam berbisnis. Meski awalnya hanya berskala kecil, namun tidak menutup kemungkinan bahwa enam bisnis online menjanjikan ini akan berkembang menjadi lebih besar. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!
1. Bisnis kuliner
Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer manusia yang selalu dibutuhkan. Tak heran jika bisnis ini tidak pernah sepi, malah semakin banyak peminat yang meluncurkan ide-ide kuliner baru.
Contoh bisnis online menjanjikan di bidang kuliner adalah katering harian, MPASI anak, makanan ringan, kue, frozen food, dan masih banyak lagi. Sukses tidaknya bisnis kuliner ini sangat dipengaruhi oleh rasa makanan, pelayanan yang diberikan, dan strategi pemasaran yang dilakukan.
Supaya makanan dan minuman jualan Anda bisa dicoba banyak orang, kami sarankan untuk mendaftarkannya sebagai mitra usaha di sejumlah aplikasi pesan makanan online seperti GoFood, GrabFood, dan Shopee Food. Penting juga untuk melakukan branding lewat media sosial agar produk makanan Anda dikenal di seluruh Indonesia.
2. Bisnis fashion
Sama dengan bisnis kuliner, fashion juga termasuk dalam bisnis online menjanjikan. Ini karena produk fashion seperti baju, celana, rok, dan jilbab merupakan kebutuhan sandang yang diperlukan manusia.
Sifatnya yang dinamis membuat perkembangan dunia fashion terus mengalami perubahan. Sehingga untuk sukses menjalani bisnis online di bidang fashion, Anda harus paham akan trend-trend yang ada di masyarakat.

Menjalani bisnis fashion bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Jika modal tidak terlalu banyak, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk-produk fashion tertentu. Anda juga bisa mendirikan toko busana atau distro yang menjual produk dengan stok terbatas.
Mau apa pun bentuknya, Anda harus memiliki toko online sendiri. Misalnya dengan menggunakan website landing page agar produk dagangan Anda tidak terganggu oleh keberadaan penjual lainnya.
3. Bisnis kecantikan
Industri kecantikan mengalami perkembangan pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran wanita maupun pria untuk menjaga penampilan. Akibatnya, pasar kosmetik dan skincare yang semula di dominasi oleh produk-produk luar negeri seperti Korea Selatan, Jepang, dan Thailand mulai diramaikan dengan produk-produk lokal yang sama berkualitasnya.
Seperti yang Anda tahu, tidak mudah untuk membuat produk kecantikan yang butuh banyak perizinan. Sehingga untuk sekelas UMKM, Anda bisa mengawalinya dengan terlebih dahulu menjadi reseller atau dropshipper.
Atau jika memiliki modal cukup besar, Anda bisa bergabung dengan produsen produk kecantikan yang memiliki jasa maklon. Baru kemudian lakukan promosi secara digital dengan menggandeng influencer-influencer media sosial serta menjualnya di marketplace agar bisa menggaet lebih banyak orang.
4. Bisnis otomotif
Bisnis online menjanjikan selanjutnya adalah bisnis otomotif. Sebenarnya bisnis otomotif tidak terbatas pada jual beli kendaraan saja. Masih ada banyak bisnis yang berkaitan dengan otomotif, misalnya bengkel, jasa cuci kendaraan, jual beli spare part, rental kendaraan, dan masih banyak lagi.
Lalu, bagaimana cara meng-online kan bisnis otomotif? Caranya cukup mudah. Jika Anda memiliki bengkel, Anda bisa memperkuat eksistensinya dengan Google Bisnisku. Google Bisnisku merupakan fitur buatan Google yang mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap tentang usaha Anda. Nantinya, orang-orang yang butuh jasa service atau perbaikan bisa segera menghubungi bengkel Anda melalui nomor yang tertera di Google Bisnisku tersebut.
5. Bisnis toko kelontong bisnis
Semula kita harus membeli beras, bumbu dapur, sabun, dan perlengkapan rumah tangga lainnya di toko kelontong di dekat rumah. Bagi orang yang sibuk, tentu ini akan jadi hal yang merepotkan.
Nah, ini bisa dijadikan peluang bisnis online menjanjikan yang layak Anda coba. Toko kelontong tradisional bisa Anda “sulap” menjadi lebih modern dengan memanfaatkan toko online.
Anda bisa memajang seluruh produk toko kelontong dalam bentuk katalog website toko online dan marketplace. Melalui platform digital ini, calon pelanggan tinggal memilih, melakukan checkout, dan membayarnya dengan berbagai metode pembayaran online yang tersedia. Jauh lebih nyaman dan praktis, bukan?
Baca juga: Butuh Uang Tambahan? Coba 15 Ide Bisnis Rumahan Online Ini, Yuk!
6. Bisnis kerajinan tangan

Jika Anda merupakan orang yang kreatif dan memiliki keterampilan tertentu dalam bidang seni, pasti sudah menghasilkan banyak kerajinan tangan. Produk kreatif berupa kerajinan tangan memiliki nilai jual tinggi yang sayang jika hanya disimpan untuk koleksi pribadi.
Selain menjualnya secara offline dengan mengikuti pameran ekonomi kreatif, manfaatkanlah media sosial untuk membuat bisnis kerajinan ini jadi go digital. Anda bisa membuat konten-konten menarik dengan menunjukkan cara merajut, merangkai bunga, dan masih banyak lagi.
Arahkan calon pelanggan yang sudah mulai tertarik ke website atau landing page. Di sana, calon pelanggan bisa fokus memilih produk atau layanan yang akan mereka pilih atau custom. Keberadaan CTA pada landing page juga memudahkan calon pelanggan untuk berkomunikasi dengan Anda apabila ada hal-hal yang ingin mereka tanyakan.
7. Bisnis agribisnis
Agribisnis merupakan bisnis yang terkait dengan pengelolaan pertanian dan bidang pendukung lainnya. Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan karena produk agribisnis seperti sayur organik, telur, daging unggas, susu sapi, dan lain-lain merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Agribisnis bisa jadi bisnis online menjanjikan bagi UMKM bila Anda memanfaatkan Facebook Marketing, website, dan marketplace, atau bahkan memiliki aplikasi sendiri sebagai strategi online marketing.
Cara memasarkan bisnis UMKM secara online
Di era digital ini, bisnis akan stuck di situ-situ saja jika Anda tidak memasarkannya secara online. Apalagi dengan internet, Anda bisa menjangkau banyak pelanggan, bukan hanya orang-orang terdekat saja.
Lalu, bagaimana cara memasarkan bisnis UMKM secara online itu? Bagi Anda yang belum mengerti, ikutilah cara-cara berikut ini.
1. Berkomunikasi lewat aplikasi chatting
Kelemahan jual beli secara online adalah minimnya interaksi tatap muka. Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, Anda bisa memanfaatkan aplikasi chatting.
Menggunakan aplikasi chatting yang populer seperti WhatsApp, Telegram, dan Line memudahkan Anda untuk tidak sekedar mengirim teks, tapi juga foto dan video secara gratis. Sangat berbeda dengan SMS yang dibebankan biaya.
2. Promosikan di media sosial
Anda pasti sudah tahu bahwa media sosial merupakan tempat yang tepat untuk membagikan konten-konten yang berkaitan dengan bisnis Anda. Mulai dari tulisan, foto, video singkat, sampai live untuk berinteraksi secara real time dengan para followers.
Konten-konten promosi yang berkualitas akan memungkinkannya muncul di explore Instagram atau four your page (FYP) TikTok secara random. Jika sudah viral dan dilihat orang banyak, maka kesempatan Anda mendapatkan banyak pembeli pun semakin besar juga.
Baca juga: 10+ Peluang Bisnis Online yang Janjikan Keuntungan bagi Anda
3. Jual di marketplace
Salah satu platform yang biasa digunakan UMKM untuk menjual produk dagangannya adalah marketplace. Alasannya adalah, mendaftarkan diri sebagai seller itu gratis dan pelaku UMKM tidak perlu membuat toko online dari awal.
Karena ramai digunakan, berjualan di marketplace ini cukup berisiko. Semakin banyak seller di marketplace, maka semakin banyak pula kompetitor Anda di situ. Belum lagi setiap marketplace memiliki kebijakan sendiri yang kadang merugikan seller.
4. Hasilkan konversi di landing page
Salah satu solusi untuk menghasilkan pundi-pundi uang selain dari marketplace adalah melalui landing page. Landing page memiliki desain khusus yang dirancang sesuai standar marketing. Sehingga dalam landing page ada bagian-bagian yang bisa menarik calon pelanggan, mulai dari headline yang memikat, visual yang mendukung, serta CTA yang powerful. Membuat landing page juga jadi cara untuk memberikan kenyamanan belanja bagi pelanggan.
Ingin bisnis online Anda menghasilkan keuntungan?
Kesuksesan sebuah bisnis tidak lepas dari cara pemasarannya yang efektif. Alih-alih menggunakan pemasaran konvensional yang menguras waktu, tenaga, dan uang, Anda bisa mulai beralih ke pemasaran digital yang lebih praktis.
Nah, media digital marketing yang bisa berpeluang menghasilkan pendapatan besar adalah landing page. Bukan sekedar media promosi saja, landing page juga berperan penting dalam sebuah marketing bisnis yang mampu untuk meningkatkan penjualan produk, lho!
Masih penasaran dan butuh informasi tentang landing page? Yuk, gabung bersama gerakan 1000 landing page untuk mendapatkan informasi seputar landing page dan media pemasaran digital lainnya!