Home

Post

5 Cara Meraih Untung dengan Jualan Baju Online, Tertarik Mencobanya?

jualan baju online

Jualan baju online sering jadi pilihan ketika seseorang ingin memulai berjualan melalui internet. Pilihan tersebut tidaklah salah, sebab baju atau pakaian merupakan barang primer yang akan selalu dibutuhkan manusia.

Jualan baju online bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa menciptakan brand sendiri atau menjadi reseller serta dropshipper sehingga tidak membutuhkan banyak modal.

Tetapi untuk bisa meraih untung dengan menjalankan jualan baju online dari nol, Anda harus mengetahui tren serta pintar-pintar menjalankan promosi. Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba jualan baju online, yuk simak informasi di bawah ini!

Alasan jualan baju online sangat menjanjikan

Perdagangan di bidang apparel memang tidak pernah sepi peminat. Terlebih selalu muncul tren-tren fashion baru yang berkembang di masyarkat. Selain itu, masih ada sederet alasan mengapa jualan baju online patut untuk Anda pertimbangkan.

1. Hanya butuh sedikit modal

Membuat brand pakaian dari nol sendiri membuat Anda harus memiliki modal besar untuk membuatnya. Tapi modal bukan sepenuhnya penghalang jika Anda benar-benar ingin berbisnis baju.

Jika hanya memiliki sedikit modal, Anda memiliki dua pilihan. Antara menjadi reseller atau dropshipper baju.

Sebagai reseller, Anda cukup membeli barang dari brand-brand tertentu untuk dijual kembali. Sedangkan untuk dropshipper, Anda tidak perlu menyetok barang dan hanya bertugas untuk melakukan promosi produk.

2. Mudah dijalankan

Bisnis pakaian merupakan bisnis yang termasuk mudah untuk dijalankan. Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk bisa sukses berjualan baju online.

Tapi Anda harus jeli dalam menentukan kualitas barang. Pastikan Anda memahami betul bahan, desain, motif, dan cara pemasaran yang bisa menarik minat pelanggan.

3. Target pasar beragam

Setiap busana memiliki target pasarnya masing-masing. Kalau Anda ingin berjualan rok, sudah pasti target pasarnya perempuan. Jika Anda ingin menjual baju koko, peminatnya pasti laki-laki. Jadi jangan khawatir kalau baju jualan Anda tidak laku, karena setiap produk sudah pasti ada peminatnya.

Tugas Anda selanjutnya adalah menyasar pasar yang tepat. Misalnya menyesuaikan model dengan kelompok umur tertentu atau menjualnya di momen-momen khusus.

4. Produk awet dan tidak ada masa kadaluwarsa

Berbeda dengan bisnis makanan, baju tidak memiliki tanggal kadaluwarsa. Supaya awet dan tahan lama, maka Anda hanya perlu menyimpannya dengan benar.

Kalau khawatir model atau motifnya sepi peminat, Anda bisa melakukan cuci gudang dengan memberikan diskon besar-besaran. Tidak sulit bukan?

Baca juga: 8 Langkah Memulai Jualan Online untuk Pemula, Mudah Diterapkan Kok!

Cara memulai jualan baju online

Apakah Anda menjadi tertarik untuk mulai jualan baju online setelah melihat alasannya? Yuk, lanjut cari tahu mengenai cara memulai bisnis yang satu ini!

1. Riset pasar

Segala sesuatu harus dimulai dengan riset, termasuk jualan baju online. Riset yang dilakukan adalah riset pasar yang bertujuan untuk mengetahui model baju apa yang sedang diminati masyarakat.

Kalau sudah tahu modelnya, selanjutnya adalah mempelajari bahan pakaian. Kenali kelebihan dan kekurangan dari material kain penyusunnya. Ini adalah langkah untuk membuat product knowledge yang berguna untuk memantau proses produksi sampai pemasaran.

Selain itu, riset kompetitor juga diperlukan. Anda perlu mengetahui apa saja yang sudah kompetitor lakukan. Jadikan kekurangan yang kompetitor miliki sebagai sumber kekuatan dari bisnis Anda.

2. Tentukan target pasar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, target pasar yang bisa disasar bisnis fashion sangatlah beragam. Mulai dari bayi hingga lansia sekalipun. Karena targetnya beragam, Anda cukup fokus pada satu atau dua target audiens saja.

Sebagai contoh, Libby Baby sebagai brand lokal menyediakan koleksi pakaian bagi bayi dan anak-anak. Sehingga semua baju yang dibuat memang khusus dikenakan oleh newborn sampai anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Menentukan target pasar ini penting karena akan mempengaruhi konsistensi Anda dalam menjual produk. Semakin spesifik barang yang Anda jual, maka besar peluang bisnis Anda untuk dijadikan bahan rujukan mencari inspirasi busana.

3. Menentukan supplier

Jika Anda tidak memiliki modal cukup untuk menjadi produsen, maka jadilah reseller. Meski tampaknya sederhana, ada banyak yang harus dipersiapkan oleh reseller.

Untuk mendapatkan produk dengan harga murah, Anda perlu mencari supplier atau pemasok produk dari tangan pertama. Dengan mendapat produk dari supplier tangan pertama, harga beli yang dikeluarkan akan jauh lebih murah dari harga jual yang akan Anda tetapkan. Semakin besar selisihnya, maka semakin besar pula keuntungan yang Anda dapat.

Tidak hanya soal harga, kualitas supplier juga harus diperhatikan. Anda patut mengecek kualitas jahitan dan kain sebelum memutuskan untuk menjadi reseller dari produk tersebut.

4. Mengambil gambar produk yang bagus

Salah satu faktor yang menarik calon pelanggan untuk tertarik dengan baju jualan Anda adalah visual produk yang ditampilkan. Oleh sebab itu Anda harus bisa menyajikan foto atau video produk dengan kualitas baik.

Untuk mendapatkan gambar yang estetik, Anda bisa memotretnya menggunakan kamera profesional. Atau bisa juga menyewa jasa fotografer untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Gencar melakukan promosi

jualan baju online
sosial media bisa jadi media promosi. Gambar oleh pch.vector di Freepik.

Jualan baju online mengharuskan Anda untuk gencar melakukan promosi di dunia maya. Tidak perlu bingung untuk menentukan platform mana yang akan Anda gunakan. Karena kini sudah banyak platform yang bisa Anda coba untuk melakukan promosi.

Untuk meningkatkan brand awareness calon pelanggan akan eksistensi brand pakaian yang Anda jual, gunakan media sosial. Kalau sudah berkembang, Anda bisa mulai membuat website agar bisnis Anda terlihat profesional.

Tips mempromosikan jualan baju online

1. Buat akun online shop di media sosial

Media sosial bisa jadi salah satu media pemasaran digital yang efektif. Dengan membuat akun online shop dan melakukan promosi di medsos, Anda bisa menjaring banyak audiens tanpa terhalang jarak dan waktu.

Promosi di media sosial sendiri bisa disebut dengan social media marketing. Parameter kesuksesannya sering kali diukur menggunakan engagement rate.

Nah, supaya engagement rate naik, Anda harus membuat konten-konten yang menarik.  Jangan lupa gunakan hashtag yang tepat serta responsif terhadap semua chat pelanggan yang masuk.

2. Cari marketplace yang sesuai

Kalau promosi di media sosial sukses membuat calon pelanggan tertarik, mereka tidak segan untuk segera beralih ke tahapan selanjutnya yaitu pembelian. Karena media sosial seperti Instagram dan TikTok tidak memiliki fitur khusus untuk transaksi, Anda bisa mengarahkannya ke marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

Marketplace sering jadi pilihan karena aksesnya yang mudah dan praktis. Selain itu, marketplace sering memberikan promo-promo menarik seperti diskon atau gratis ongkos kirim,

3. Membuat website toko online

Karena penggunaan marketplace sudah terlalu mainstream, bisnis Anda bisa saja kesulitan bersaing dengan para kompetitor yang ada di sana. Tak jarang minat calon pelanggan jadi tergoyahkan ketika melihat barang-barang lain di marketplace.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa membuat toko online sendiri yang khusus menjual barang dagangan Anda. Dengan toko online, Anda bebas mengatur tampilan, promo, deskripsi barang, dan lain sebagainya karena semua kendali ada di tangan Anda.

4. Membuat website landing page

Untuk membayar jasa pembuatan website toko online, rata-rata biaya yang harus Anda keluarkan berkisar jutaan rupiah. Ini disebabkan karena display toko online yang cukup kompleks.

Kalau Anda ingin membuat website toko online versi low budget, alternatif lainya adalah dengan membuat website landing page. Melalui landing page, Anda bisa mempromosikan satu produk unggulan yang disertai copy yang menggugah minat calon pelanggan.

Nantinya calon pelanggan bisa diarahkan ke kontak WhatsApp, Play Store, atau marketplace untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Mudah kan?

Siap Jualan Baju Online?

Jualan baju online merupakan pilihan tepat bagi Anda yang hanya memiliki sedikit modal tapi ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis. Sebagai sektor bisnis yang tidak pernah sepi dan selalu punya segmen pasarnya sendiri, jualan baju online tetap harus dipromosikan dengan cara kekinian.

Supaya laris, Anda bisa memasarkan baju lewat media sosial hingga membuat website landing page. Upaya promosi secara digital tersebut bisa Anda pelajari secara mandiri dengan bergabung bersama Gerakan 1000 Landing Page.

Melalui gerakan ini, Anda akan mendapatkan ilmu gratis yang berhubungan dengan bisnis online sampai digital marketing. Semua materinya aplikatif sehingga bisa langsung diterapkan untuk usaha Anda. Yuk, bergabung sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *